2. Roll Cage
Mobil standar tidak dilengkapi dengan roll cage, yang biasanya hanya ada pada mobil rally. Roll cage adalah kerangka yang dibangun untuk melindungi pembalap dari cedera atau kematian, terutama jika mobil terguling.
Fungsinya sangat vital dalam perlombaan rally di mana mobil sering kali terbalik atau terhantam benda keras.
3. Suspensi
Suspensi pada mobil standar berfokus pada kenyamanan. Sebaliknya, mobil rally menggunakan suspensi yang dapat disesuaikan untuk menahan guncangan berat saat melewati jalan rusak dan tikungan tajam.
Suspensi mobil rally juga lebih kuat dan dapat disesuaikan ketinggiannya, menyesuaikan dengan kondisi medan.
4. Skid Plate
Mobil rally dilengkapi dengan skid plate, pelindung benturan di bagian bawah mobil yang melindungi mesin dan gearbox dari batu atau benda keras saat kecepatan tinggi.
Meskipun beberapa mobil standar juga memiliki pelindung ini, bentuk dan ketahanan skid plate mobil rally jauh lebih kuat.
5. Jok dan Sabuk Pengaman
Di dalam mobil rally, kursi bucket digunakan untuk menjaga posisi pembalap tetap stabil, mencegah tubuh terlempar saat mobil melaju kencang atau terhentak keras.
Kursi ini juga dilengkapi dengan sabuk pengaman 5 titik untuk menjaga keamanan. Sementara mobil standar menggunakan kursi yang lebih empuk untuk kenyamanan.